Home » » Bisakah Engine Flush Untuk Sepeda Motor ?

Bisakah Engine Flush Untuk Sepeda Motor ?

Advertisement
Engine flush for motorbike - penggantian oli pada mesin sepeda motor memang wajib dilakukan secara rutin dan berkala sesuai dengan petunjuk penggunaan sepeda motor dari dealer. Selain untuk menjaga agar kondisi mesin motor tetap dalam keadaan baik, dengan teratur mengganti oli mesin akan membuat performa mesin terpelihara.

Bisakah Engine Flush Untuk Sepeda Motor
Engine flush khusus motor, image by : ameblo, jp

Dalam mengganti oli pun sangat gampang bahkan bisa dilakukan oleh anda sendiri dirumah. Cukup anda kuras oli lama melalui baut penguras yang biasa terpasang di bagian bawah mesin, menutupnya kembali dan terakhir mengisi oli baru kedalam mesin motor. Jangan lupa menutup dan mengeraskan baik baut sumbat oli maupun penutup oli, motor pun bisa digunakan kembali.

Seiring penggunaannya meskipun penggantian oli dilakukan secara rutin, lama kelamaan tetap saja akan ada oli yang mengendap dan menjadi kerak didalam ruang mesin. Kerak kerak oli inilah yang nantinya bisa mengganggu sirkulasi oli didalam ruang mesin, sebab kerak atau jelaga ini bisa menyumbat lubang saluran distribusi oli sehingga ada komponen mesin ada yang tidak terlumasi.

Untuk itu ada baiknya tiap beberapa kali ganti oli mesin sepeda motor, disarankan untuk mengaplikasikan suplemen tambahan yang bernama engine flush atau engine clean. Produk engine flush ini bisa kalian dapatkan baik di dealer resmi maupun di toko yang menjual berbagai perlengkapan dan kebutuhan sepeda motor.

Fungsi dari engine clean atau engine flush

Engine flush ini merupakan sebuah cairan yang diformulasikan khusus agar dapat mengencerkan oli yang sudah berkerak didalam ruang mesin, selanjutnya kerak oli yang sudah encer dan larut ini bisa ikut terbuang saat proses pengurasan oli. Dengan begitu mesin motor pun menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Untuk mengetahui fungsi, kelebihan serta penggunaan engine flush bisa anda baca pada tulisan kami yang lain melalui taut link dibawah :

Baca juga : Fungsi engine flush dan manfaat menggunakan engine flush

Apakah engine flush mobil bisa digunakan untuk motor ?

Pada dasarnya semua formula engine flush ini sama saja, tujuan utamanya adalah untuk mengencerkan oli yang berkerak sehingga nantinya ruang mesin menjadi bebas kerak. Untuk engine flush mobil bisa dipakaikan untuk sepeda motor, namun dalam penggunaannya jangan terlalu berlebihan mengingat kapasitas mesin mobil dan motor itu berbeda. Cukup gunakan separuh atau kurang engine flush mobil untuk sepeda motor. Namun sangat lebih baik lagi jika anda menggunakan engine flush khusus sepeda motor, karena takarannya sudah terukur dari manufaktur nya.

Baca juga : Cara ampuh bersihkan injektor motor yang kotor

Nah itulah sedikit ulasan mengenai engine flush dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share artikelnya. Salam otomotif.



Advertisement

Advertisement