Resiko Setel Rantai Motor Terlalu Kencang

Advertisement
Bahaya rantai motor terlalu kencang - salah satu masalah yang sering menyerang rantai sepeda motor selain cepat aus adalah kondisi rantai motor yang suka kendor dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sudah aus nya komponen karet predam yang ada didalam tromol belakang sepeda motor, sehingga membuat putaran roda tidak simetris dan rantai pun jadi kendor.

Resiko Setel Rantai Motor Terlalu Kencang


Memang kendornya rantai ini bisa diatasi dengan menyetel melalui baut penyetel yang ada pada bagian ujung arm motor. Nah pada proses penyetelan ini, biasanya ada pemilik motor yang iseng melakukannya sendiri dirumah tanpa membaca buku panduan, maupun membaca stiker keterangan yang mungkin tertempel di bagian lengan ayun motor mengenai jarak bebas rantai. Dan penyetelan pun dilakukan secara asal yang bahkan ada yang menyetelnya terlalu kencang.

Penyetelan rantai sepeda motor yang terlalu kencang ini tentu sangat berbahaya, sebab rantai motor yang disetel terlalu kencang, tingkat keausan rantai menjadi lebih cepat bahkan rantai motor bisa putus ditengah jalan. Jika sampai rantai putus ditengah jalan disaat motor dipacu dengan kecepatan tinggi, sudah pasti si pengendara pun akan mengalami kecelakaan.

Nah oleh sebab itu jika kalian ingin memperbaiki kendaraan secara mandiri dirumah, sebaiknya baca terlebih dahulu buku paduan ataupun membaca keterangan stiker yang tertempel disana. Jarak bebas rantai sepeda motor biasanya maksimal tidak boleh lebih dari 2cm dan tidak boleh kurang dari 1 cm.

Untuk sepeda motor yang ternyata saat rantainya disetel namun saat roda diputar kondisinya kendor kencang sendiri, bisa dipastikan adanya kerusakan di bagian bearing maupun karet peredam yang ada didalam tromol. Sebaiknya perbaiki kerusakannya terlebih dahulu dengan jalan mengganti suku cadang yang rusak dengan yang baru, setelah itu baru rantai sepeda motor bisa disetel / disesuaikan.

Baca juga : Penyebab rantai motor kenceng kendor dan mengatasinya



Subscribe to receive free email updates: