Pengaruh Klep Mesin Bocor Tidak Di Skir

Advertisement
Kebocoran klep mesin - seiring bertambahnya masa pakai kendaraan, tentu akan timbul gejala gejala kerusakan mulai dari kerusakan kecil hingga besar. Dan salah satu kerusakan yang jarang terjadi namun pasti ialah terjadinya kebocoran pada kompresi mesin, entah itu adanya kebocoran pada bagian klep intake maupun exhaust, maupun keausan pada ring piston yang menyebabkan kompresi mesin berkurang, akibatnya adalah tenaga mesin menjadi kurang maksimal dan boros pemakaian bahan bakar.

skir klep

Untuk mengetahui adanya kebocoran kompresi mesin, biasanya bengkel mobil maupun motor menggunakan sebuah alat yang bernama compression gauge / compression tester alias alat ukur kompresi. Pengukuran dilakukan dan dicocokkan sesuai dengan standar kompresi pada jenis mobil / motor yang sedang di tes, jika ternyata diketahui mesin mengalami kebocoran kompresi, langkah selanjutnya adalah dengan melepas cylinder head guna memeriksa penyebab kebocoran.

Baca juga : Obat skir klep grinding paste

Biasanya kebocoran kompresi ini terjadi akibat klep intake maupun exhaust yang sudah tidak presisi lagi, entah itu karena terganjal kerak dari sisa proses pembakaran, maupun adanya kerusakan lain misalnya klep aus yang perlu dilakukan penggantian klep baru. Biasanya pada tahap ini akan dilakukan skir klep yang bertujuan agar klep klep tadi presisi dengan dudukannya sehingga tidak terjadi kebocoran.

Dengan melakukan skir klep ini, kompresi mesin menjadi normal kembali dan tarikan mesin pun menjadi ringan dan penggunaan bahan bakar menjadi hemat sebagaimana awal mulanya. Lalu bagaimana jadinya jika klep yang bocor tadi tidak di skir ?

Efek klep mesin bocor dan tidak di skir

Klep yang telah diketahui mengalami kebocoran dan tidak segera dilakukan skir, maka sudah pasti kebocoran kompresi diruang mesing akan tetap berlangsung. Jika kompresi mesin bocor seperti ini, maka saat proses pembakaran terjadi, tendangan tenaga mesin menjadi lemah. Hasilnya tenaga mesin pun menjadi kurang yang sering di istilahkan dengan tarikan mesin kurang. Kurangnya tarikan mesin ini pasti akan membuat anda menginjak pedal gas lebih dalam lagi, namun sekali lagi tetap tenaga yang dihasilkan masih kurang akibat kompresi mesin yang bocor, hasilnya pun sudah pasti pemakaian bahan bakar menjadi sangat boros.

Selain itu adanya kebocoran pada kompresi mesin akan membuat proses pembakaran tidak sempurna, hal ini dikarenakan campuran antara bahan bakar dan udara menjadi tidak seimbang didalam ruang bakar. Busi pun ikut rusak akibat tergenang bahan bakar, lama kelamaan mesin kendaraan jadi susah untuk di nyalakan.

Baca juga : Cara buat obat skir klep sendiri

Nah bila ada diantara kalian yang mengalami kebocoran kompresi pada mesin dan disarankan untuk dilakukan skir klep oleh pihak bengkel, sebaiknya anda turuti saja agar mobil enak digeber dan bahan bakar pun hemat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share artikelnya. Salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: