Home » » Tips Pemasangan Roof Box Mobil

Tips Pemasangan Roof Box Mobil

Advertisement
Tips pemasangan roof box - salah satu asesoris mobil yang berguna untuk membawa barang bagasi mobil saat hendak melakukan perjalanan jauh, namun kondisi ruang bagasi mobil sudah penuh dengan barang bawaan ialah dengan memasang sebuah Roof Box.

Roof box merupakan sebuah aksesoris mobil yang berbentuk seperti koper raksasa dan dipasangkan di bagian atap mobil, sehingga dengan begitu kita bisa membawa lebih banyak barang bawaan. Dalam pemasangannya pun kita harus memperhatikan beberapa hal berikut agar tidak membahayakan baik anda maupun pengguna jalan lain nantinya.

tips memasang roof box

Tips pemasangan roof box mobil


1. Memilih roof box berkualitas

Banyak sekali toko aksesoris mobil yang menjual roof box dengan berbagai macam merk dan kualitas, sehingga anda harus jeli dalam memilihnya. Anda harus tahu bahwa tidak semua jenis roof box ini cocok di semua mobil. Jika di dealer resmi ternyata juga menjual aksesoris berupa roof box, sangat penulis sarankan untuk membeli disana, selain berkualitas, roof box original bawaan mobil lebih aman karena telah melalui berbagai riset dan tes dari pabrikan mobil tentunya.

Tips Pemasangan Roof Box Mobil


Biasanya aksesoris roof box bukan bawaan pabrik, ada komponen tertentu seperti pengikat roof bar terhadap roof rail yang kurang kokoh. Jika dipaksakan dipasang, dikhawatirkan pegangan roof bar tersebut terlepas dan roof box akan jatuh menimpa pengendara lain yang ada dibelakang kita.

Baca juga : Misteri kenapa xenia murah, tapi yang paling laku avanza

2. Mengatur posisi roof box

Untuk aturan pemasangan ini sebenarnya tidaklah baku, tidak harus berada di posisi seperti ini atau seperti itu. Memasang roof box bisa dipasangkan agak menjorok kedepan, dibagian tengah maupun di bagian belakang, bahkan sedikit kekiri ataupun kekanan tidak jadi masalah. Namun sangat lebih baik lagi jika posisi pemasangan roof box berada tepat di tengah mobil, hal ini berguna untuk meratakan beban terhadap atap mobil nantinya.

3. Perhatikan beban roof box

Karena berfungsi sebagai bagasi tambahan, maka anda juga perlu memperhatikan seberapa berat bagasi yang akan anda taruh didalam roof box. Usahakan untuk berat barang tidak melebihi 50 kg, hal ini berguna untuk menjaga agar atap mobil tidak ambles akibat membawa barang bawaan di atap mobil menggunakan roof box.

4. Pengaturan barang didalam roof box

Selanjutnya setelah aksesoris roof box terpasang dengan sempurna, atur barang bagasi anda secara merata didalam roof box, jangan lupa untuk mengikatnya dengan tali pengikat yang ada agar nanti barang tidak bergerak tak beraturan selama kita menempuh perjalanan.

5. Pastikan anda menguncinya dengan benar

Setelah selesai menata semua barang bawaan didalam roof box, jangan lupa untuk menutup dan mengunci roof box secara sempurna. Jika kunci susah diputar, jangan dipaksakan, coba periksa apakah ada barang bawaan yang mengganjal atau tidak, sebab jika anda memaksa mengunci secara tidak sempurna, dikhawatirkan kunci terbuka dan barang bawaan berhampuran di jalanan.

Baca juga : Ketahui resiko memasang roof box pada mobil

Nah itulah sedikit tips memasang roof box mobil yang dapat kami bagikan, selamat berlibur dan salam otomotif.



Advertisement

Advertisement