Apa Itu Blind Spot ? Mengenal Blind Spot Kendaraan

Advertisement
Blindspot adalah - mungkin ada beberapa dari pembaca yang belum mengetahui istilah blind spot yang banyak sekali kita jumpai pada artikel atau berita otomotif entah itu berita otomotif roda dua maupun roda empat. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas sedikit mengenai apa itu blind spot pada kendaraan, khususnya pada kendaraan roda empat.

blind spot


Mengenaplapa itu blind spot

Blind spot atau blank spot adalah istilah kerap digunakan untuk menyatakan titik kebutaan kita pada saat berkendara terhadap keadaan sekitar atau sekeliling yang dikarenakan keterbatasan indra penglihatan kita. Meskipun pada sebuah kendaraan telah dilengkapi dengan kaca spion, masih ada beberapa bagian di sekeliling kita yang tidak terjangkau oleh spion tersebut karena dipengaruhi oleh besaran dari kaca spion tersebut maupun adanya barang bawaan yang sedang kita bawa sehingga pantulan pandangan dari kaca spion menjadi terhalang, sehingga meskipun kita bisa melihat ke sisi belakang kiri dan kanan, tetap saja ada area tertentu yang tidak dapat kita lihat, inilah yang dinamakan blind spot.

Kenapa blind spot ini terjadi ?

Beberapa alasan kenapa blind spot ini terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, yang paling utama adalah mengenai bentuk dan besarnya kaca spion yang kita gunakan. Ada beberapa aturan atau regulasi khusus mengenai kaca spion ini oleh pabrikan, seperti salah satunya adalah mengenai dimensi atau besaran dari kaca spion kendaraan serta tingkat kecembungan kaca yang tidak boleh terlalu cembung karena dikhawatirkan pantulan sinar atau cahaya malah akan mengganggu pengendara lain yang ada dibelakang.

Karena regulasi ini didasarkan oleh pabrikan maka dari tiap jenis mobil juga memiliki blind spot yang berbeda beda tentunya, blind spot terbesar biasanya terdapat pada mobil mobil yang berukuran besar seperti fortuner, pajero dan mobil sejenis, serta mobil jenis komersil seperti minibus, bus dan berbagai jenis truk lainnya.

Nah itulah tadi sedikit tulisan dari kami mengenai apa yang dimaksud dengan istilah blind spot pada kendaraan. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: