Home » » Penyebab Kick Starter Motor Matik Macet Dan Penanganannya

Penyebab Kick Starter Motor Matik Macet Dan Penanganannya

Advertisement
Starter kaki motor matik macet - Banyak sekali masalah yang timbul pada sepeda motor kita seiring bertambahnya usia pakai baik itu pada motor bebek, motor sport maupun motor matik, dan salah satu problem yang sering kali menyerang sepeda motor jenis matik selain kurangnya tarikan motor dan borosnya bahan bakar, yang tak kalah menyebalkan adalah macetnya starter kaki atau kick starter.

Apalagi jika anda mengalami mogok di jalan dan aki motor sowak sehingga tidak memungkinkan lagi untuk melakukan starter dengan menggunakan starter elektrik, maka satu satunya solusi untuk dapat membuat motor kembali menyala adalah dengan melakukan sandar tengah, baru kemudian menggunakan starter kaki. Dan setelah dicoba eh malah macet, apa yang akan anda lakukan jika sudah begini ?

Penyebab Kick Starter Motor Matik Macet Dan Penanganannya


Penyebab starter kaki motor matik macet

Agar anda terhindar dari masalah konyol seperti ini maka perlu mengetahui kenapa starter kaki tadi bisa macet, sehingga dengan begitu anda bisa menghindari kejadian seperti diatas. Penyebab kenapa starter kaki motor matik ini macet ialah karena adanya karat yang ada dibagian stopper, yaitu pemegang penghubung gear pedal kick ke gear primer. Umumnya timbulnya karat ini diakibatkan karena kurangnya pelumasan pada bagian ini.


Mengatasi kick starter motor matik yang macet


Satu satunya jalan jika kemacetan ini udah terlanjur parah adalah dengan melakukan pembongkaran blok CVT motor matik, kemudian dilakukan pembersihan bagian yang berkarat yang di dunia otomotif lebih kita kenal dengan sebutan Overhaul, nantinya setelah karat dibersihkan, agar karat tidak lagi hinggap maka perlu diberikan grease atau gemuk. Bila anda suka bongkar bongkar bagian ini mungkin bisa dilakukan sendiri, namun bila takut dan tidak tahu menahu silahkan serahkan ke bengkel ahli terdekat.

Penyebab Kick Starter Motor Matik Macet Dan Penanganannya

Tips pencegahan agar starter kaki motor matik tidak macet

Nah bagi kalian yang kick starter motor matic nya belum bermasalah, sebaiknya tiap 1 minggu sekali mainkan pedal starter kaki motor matik anda, jangan lupa juga berikan pelumasan pada bagian poros engkol dari kick starter menggunakan cairan pembersih seperti WD-40 ataupun cairan penetrant agar karat tidak hinggap dan menyebabkan macet. Selain itu tiap 4 bulan atau 6 bulan sekali lakukan pemeriksaan bagian ini di bengkel resmi.

Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat dan ilmu tambahan buat anda, salam otomotif.



Advertisement