Waspada Bahaya Berkendara Dibelakang Truk Besar

Advertisement
Keselamatan berkendara di jalan raya - selain memperhatikan peralatan keselamatan saat berkendara di jalan raya khususnya berkendara menggunakan kendaraan bermotor, anda juga diwajibkan selalu fokus melihat kondisi di jalanan agar nantinya bisa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan di jalan raya, misalnya terlibat kecelakaan yang menyebabkan kerugian yang besar bahkan beresiko kehilangan nyawa di jalan raya.

Kecelakaan di jalan raya bukan hanya disebabkan oleh kelalaian kita dalam berkendara, sebab kelalaian orang lain pun juga dapat berimbas ke kita jika kita tidak berhati hati. Salah satu hal yang paling penting dan perlu kalian perhatikan saat riding dengan menggunakan sepeda motor ataupun mengemudikan mobil ialah selalu jaga jarak terhadap kendaraan besar seperti truk pengangkut atapun bus terlebih di jalanan yang menanjak. Sebab kendaraan besar seperti ini rawan sekali terjadi rem blong, dan jika tidak mampu menanjak dan gagal mengerem bukan tidak mungkin truk tersebut akan langsung berjalan mundur dan menghantam anda.

truk lindas sepeda motor
Truk mundur lindas motor via : suarasurabaya.net


Seperti contoh kasus yang terjadi di surabaya baru baru ini, tepatnya di jembatan branjangan surabaya terjadi laka lantas yang melibatkan dua buah kendaraan yang satu truk bermuatan gulungan kawat baja dan yang satunya adalah sepeda motor matic. Truk yang mengangkut gulungan kawat baja ini ternyata gagal menanjak akibat kesalahan sang sopir yang menggunakan gigi perseneling nomor 2 untuk menanjak, padahal untuk tanjakan diperlukan gigi perseneling paling bawah atau gigi 1.

Karena kesalahan penggunaan gigi perseneling ini mengakibatkan torsi atau daya dorong mesin menjadi lemah dan tak mampu menjalankan truk di tanjakan, akibatnya truk pun setelah sempat berhenti langsung berjalan mundur dan menabrak serta melindas motor matic yang katanya baru dicicil selama 11 bulan ini ringsek, dan untung nya kedua pengendara motor ini sempat melompat dan terhindar dari kecelakaan dan hanya menderita luka gores saja.

Memang hidup dan mati seseorang telah digariskan oleh sang maha pencipta, namun demikian kita juga perlu waspada dan tidak menyepelekan hal hal kecil yang berujung maut ini. Semoga bermanfaat dan selalu waspada dalam berkendara.

truk mundur lindas motor


Untuk kronologi lebih lengkapnya silahkan anda baca di situs resmi suara surabaya di : https://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2016/181118-Tidak-Kuat-Nanjak,-Truk-Mundur-Melindas-Sepeda-Motor-di-Branjangan

Baca juga : Fungsi dan manfaat melakukan inreyen motor atau mobil



Subscribe to receive free email updates: