Jenis Rem ABS Anti Locking Brake System

Advertisement
Mengenal jenis rem ABS mobil - setelah kemarin kita pernah membahas beberapa hal tentang rem ABS seperti fungsi dari rem ABS, mengetahui penyebab sensor ABS mobil menyala, dan juga perihal tingkat keselamatan berkendara, pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas mengenai jenis jenis dari rem ABS yang ada pada sebuah mobil.

Jenis Rem ABS Anti Locking Brake System



1. Rem ABS dengan 4 Sensor 4 dan Channel ( Independent Control )

Jenis ABS ini mempunyai empat wheel sensor dan 4 hydraulic controlchannel dan masing-masing mengontrol secara tersendiri. Sistem ini mempunyai tingkat keamanan dan jarak pemberhentian yang lebih pendek di berbagai macam kondisi jalan. Namun apabila permukaan jalannya licin, besar gaya rem antara kanan dan kiri yang tidak rata akan mengakibatkan terjadi gerakan Yawing pada bodi kendaraan sehingga bisa mengurangi kestabilan. Karena itulah, kebanyakan mobil yang dilengkapi dengan tipe 4 channel ABS memasukkan satu select low logic pada roda belakang agar mobil tetap stabil, di berbagai macam kondisi jalan.

2. Rem ABS dengan 4 Sensor dan 3 Channel ( Roda depan : Independent, Roda belakang : Select low )

Dipakai untuk mobil FF (Front Engine Front driving), kebanyakan berat kendaraan terpusat di roda depan dan berat titik tengah kendaraan saat direm juga berpindah ke depan hampir 70%, gaya pengereman ini dikontol oleh roda depan. Artinya adalah kebanyakan tenaga pengereman dibangkitkan oleh roda depan, sehingga agar ABS bisa efektif, maka diperlukan pengaturan tersendiri ( independent control) pada roda depan.

Namun demikian, roda belakang yang gaya pengeremannya lebih sedikit, juga sangat penting untuk memastikan kendaraan aman saat dilakukan pengereman. Karena itulah apabila saat ABS roda belakang bekerja di permukaan jalan yang licin, maka independent control pada roda belakang mengatur agar gaya pengereman roda-roda belakang tidak merata sehingga mobil mengalami yawing. Untuk menhindari gerakan yawing ini dan untuk menjaga agar mobil tetap aman saat ABS bekerja di berbagai kondisi jalan, maka tekanan rem roda belakang diatur berdasarkan kecenderungan roda mana yang mengalami Lock-Up. Konsep pengaturan ini dikenal dengan ‘Select-low control’.

3. Rem ABS dengan 3 Sensor dan 3 Channel ( Roda depan:  Independent, Roda belakang : Select Control )

Mobil yang dilengkapi dengan H-brake line sistem mempunyai sistem kontrol ABS jenis ini. 2 channel untuk roda depan dan satunya lagi untuk roda belakang. Roda belakang dikontrol bersama dengan select low control logic. Untuk X-brake line sistem, diperlukan 2 channels (2 brake port di dalam unit ABS) untuk mengatur roda belakang dikarenakan masing-masing roda belakang mempunyai jalur rem yang berbeda.

4. Rem ABS dengan 1 Sensor dan 1 Channel ( Roda belakang : Select Low Control )

Dipakai untuk mobil yang dilengkapi dengan H-brake line sistem, hanya untuk mengontrol tekanan roda belakang. Pada rear differential dipasang satu wheel speed sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan roda. Cara kerjanya adalah saat dilakukan pengereman mendadak roda depan akan terkunci, sehingga kestabilan kemudi mobil akan hilang dan jarak henti pada permukaan jalan yang mempunyai daya gesek rendah (low) juga akan bertambah jauh. Sistem ini hanya akan membantu untuk penghentian lurus.

Sumber : academia.edu

Nah itulah beberapa jenis rem ABS yang bisa kalian ketahui, semoga bermanfaat. Dan beberapa baris artikel kami terdahulu ini silahkan juga dibaca siapa tahu lebih bermanfaat.






Subscribe to receive free email updates: