Tips Cara Merawat Tangki Bensin Motor Sport Agar Awet

Advertisement
Cara merawat tangki sepeda motor - mungkin saja ada diantara kalian yang dipusingkan dengan kebocoran tangki sepeda motor, terutama motor sport yang setiap kali selesai ditambal, ternyata tanki motor bocor lagi dan juga bocor lagi sehingga waktu dan uang kita terbuang secara percuma hanya untuk melakukan penambalan tangki motor saja.

Nah lalu apakah ada tips atau cara tertentu yang bisa dilakukan guna menjaga agar tangki motor ini tidak mengalami kebocoran sedini mungkin, sehingga kejadian seperti diatas tidak akan menimpa kita di kemudian hari ? tentu saja pasti cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat tangki motor agar awet dan tidak mudah bocor seperti kiat kiat berikut dibawah ini.

Tips Cara Merawat Tangki Motor Sport Agar Awet

Cara merawat tangki motor sport agar tidak bocor


Agar tangki sepeda motor anda khususnya motor sport tidak mudah rusak / bocor silahkan lakukan kiat kiat dibawah ini :

menguras tangki bahan bakar

Anda bisa melakukan pengurasan tangki bahan bakar ini setidaknya tiap interval 4 bulan sekali, caranya cukup mudah, silahkan anda bongkar bagian tangki bahan bakar sepeda motor, selanjutnya melakukan pembersihan dengan jalan menguras BBM lama ke wadah penampungan dan disisakan sedikit.

Sisa bahan bakar ini nantinya dipakai untuk membersihkan kotoran yang mungkin mengendap didalam tangki dengan jalan menggoyang goyangkan tangki dan membuang sisa bahan bakar yang ada. Selanjutnya kalian bisa memasukkan kembali bahan bakar yang sebelumnya ditampung didalam wadah ke dalam tangki bensin. Jika kalian tidak pernah membongkar tangki sendiri dan takut, silahkan bawa motor kesayangan anda ke bengkel resmi terdekat.


Jangan biarkan tangki sering kosong

Untuk kapasitas bahan bakar sebaiknya anda selalu mengisinya minimal dalam keadaan setengah atau sepertiga tangki, sebab jika tangki bahan bakar ini sering kosong bia dipastikan udara yang terperangkap didalam tangki bisa berubah menjadi embun saat kendaraan diparkirkan di lokasi yang dingin. Hasilnya adalah tetesan air yang jika terkena dinding tangki bahan bakar bisa meyebabkan karatan.

Waspada proses mencuci menggunakan steam

Memang jika mencucikan kendaraan di tempat khusus pencucian yang menggunakan steam atau alat semprot bisa lebih mempersingkat waktu, selain itu hasil cucian menggunakan alat ini jauh lebih bersih dibandingkan pencucian yang memakai selang air untuk menyemprotnya. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah ketika proses penyemprotan, usahakan pada bagian penutup tangki tidak disemprot terlalu keras karena pada bagian ini terdapat lubang pernapasan ( beberapa motor meletakkan lubang pernapasan di area ini ), sehingga jika sampai disemprot dengan menggunakan air bertekanan tinggi bisa mengakibatkan air tersebut masuk kedalam tangki dan menyebabkan karatan. Pastikan anda juga mengingatkan si tukang cuci agar tidak terlalu kencang saat menyemprot dibagian ini.


Lapisi bagian dalam tangki dengan pelapis khusus

Tahukah anda bahwa pada bagian dalam tangki bahan bakar tidak ada lapisan khusus yang diberikan saat proses pembuatan, walaupun ada lapisannya bisa dibilang tipis sehingga resiko tergerus korosi sangat besar. Oleh sebab itu ada baiknya kalian melakukan pelapisan ulang pada bagian dalam tangki sehingga plat besi bagian dalam tangki bisa tertutup. Kalian bisa melapisi bagian dalam tangki dengan lapisan fiber ataupun bisa juga menggunakan epoxy.

Tips Cara Merawat Tangki Motor Sport Agar Awet

Baca juga : Mengenal pengertian angka oktan pada bahan bakar

Nah bagaimana sudah tahu kan bagaimana cara merawat tangki motor agar awet dan tidak gampang bocor. Memang cara yang dilakukan cukup sederhana namun dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap umur tangki bahan bakar sepeda motor anda. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: