Mengenal Apa Itu Sudut Camber Mobil

Advertisement
Pengertian sudut camber ban - didalam dunia otomotif pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya spooring dan balancing. Dan didalam dunia spooring ini kita mengenal beberapa istilah yang umum seperti camber, caster, toe in dan toe out. Nah untuk kesempatan kali ini kita hanya akan membahas satu persatu istilah yang ada didunia spooring khususnya mengenai apa itu sudut camber mobil.

Pengertian sudut camber pada ban mobil

Definisi dari sudut camber ini ialah sebuah sudut kemiringan roda mobil baik itu roda depan maupun roda belakang terhadap garis vertikal ( tegak lurus ) jika ban mobil tersebut dilihat dari sisi depan ataupun belakang kendaraan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.

spooring camber


Fungsi dari sudut camber

Untuk fungsi dari sudut camber ini ialah untuk kenyamanan dalam berkendara, sudut camber mobil yang disetel dengan tepat akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam mengendalikan kemudi mobil, baik itu ketika mengemudi dijalan lurus, atau di jalanan yang penuh dengan tikungan tajam. Kesalahan penyetelan sudut camber ini juga memiliki dampak yang buruk baik bagi pengendalian setir kemudi maupun berdampak kepada ban mobil yang bisa aus sebelah, entah itu aus bagian luar saja atau aus bagian dalam saja.

Untuk posisi sudut camber ini ada yang disebut camber positif dan juga camber negatif. Camber positif ini posisi roda jika dilihat dari depan layaknya huruf  "V", sedangkan untuk camber negativ posisi roda jika dilihat dari depan seolah olah seperti huruf "A". Untuk lebih detailnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.


camber positif dan negatif


Dibawah ini adalah beberapa dampak yang ditimbulkan dari kesalahan sudut camber baik akibat kekeliruan saat penyetelan, ataupun sudut camber tersebut berubah dengan sendirinya akibat penggunaan kendaraan yang normal.


Kelebihan camber positif


  • Steer terasa lebih ringan


Kekurangan camber terlalu positif.


  • Menyebabkan ban aus bagian luar
  • Steer terasa liar, licin dan mudah sekali slip
  • Saat belok timbul bunyi berdecit yang abnormal


Kelebihan camber negative


  • Pengemudian menjadi lebih stabil
  • Memudahkan mobil melakukan belok patah
  • Ban menjadi tidak gamppang slip
  • Kendaraan menjadi lebih tenang alias tidak goyang


Kekurangan camber terlalu negative


  • Setir kemudi menjadi terasa lebih berat
  • Timbulnya bunyi berdecit yang abnormal ketika dipakai belok
  • Menyebabkan ban aus bagian dalam


Jika ada perbedaan sudut camber antara ban kiri dan kanan bisa menyebabkan setir mobil narik ke arah yang sudut cambernya lebih besar. Misalnya sudut camber bagian kiri adalah - 0.20 sedangkan sudut camber bagian kanan adalah + 0.10 maka setir mobil bisa narik ke arah kanan, begitu pula sebaliknya.

Beberapa mobil ada yang sudut cambernya bisa disetel dan ada yang tidak, Untuk yang tidak dapat dilakukan penyetelan, bila ternyata sudutnya diluar standard, terlalu positif ataupun terlalu negatif, bisa dimanipulasi dengan setelah toe in atau toe out. Anda juga harus tahu bahwa fungsi dari toe in - out ini adalah untuk mengoreksi sudut camber jika terjadi kesalahan dan tidak dapat dilakukan penyetelan.

Baca juga : Manfaat rutin melakukan spooring dan balancing secara berkala

Untuk cara mengetahui sudut camber pada ban mobil dan melakukan penyetelan sudut yang tepat, anda bisa langsung membawanya ke tempat spooring balancing yang ada di kota anda.


Subscribe to receive free email updates: