Penyebab Ban Aus Bergelombang Tidak Rata

Advertisement
Penyebab ban aus tidak rata - salah satu masalah yang sering kali hinggap di bagian kaki kaki mobil, khususnya di bagian ban adalah keausan ban yang tidak merata, baik itu aus bagian luar ( ban makan luar ), aus bagian dalam ( ban makan dalam ), ban aus bagian luar dalam, ban aus di bagian tengah dan ban aus tidak merata alias aus bergelombang atau orang biasa menyebutnya ban keriting.

Lalu apa sih yang menyebabkan ban mengalami keausan semacam itu ? khususnya keausan ban yang tidak merata, bergelombang atau keriting tersebut ? untuk artikel kali ini kita akan khusus membahas mengenai penyebab ban aus tidak rata / bergelombang dan cara mengatasinya.

Penyebab Ban Aus Bergelombang Tidak Rata

Penyebab ban aus bergelombang / keriting

Salah satu faktor utama yang bisa membuat keausan ban tidak sama rata, bergeronjal pada bagian tepi nya alias ban keriting ini ialah karena adanya kerusakan pada bagian kaki kaki / understeel mobil, terutama kerusakan di bagian Tie Rod atau Long Tierod dan juga bearing roda. Karena komponen ini mengalami rusak / oblak maka pergerakan dari roda tadi akan ikut oblak juga keluar masuk sehingga terjadilah keausan yang demikian unik.

Baca juga : Ketahui penyebab bunyi mendecit di ban mobil saat belok

Cara mengatasi ban aus bergelombang

Untuk mengatasi ban yang aus tidak rata ini satu satunya jalan adalah melakukan penggantian komponen understeel yang mengalami kerusakan, baru kemudian dilakukan penyetelan atau penyelarasan roda kedalam spesifikasinya agar posisi roda menjadi selaras. Untuk melakukan penggantian komponen understeel yang mengalami kerusakan tentu kalian harus memeriksa terlebih dahulu bagian mana saja yang rusak, bisa dengan memeriksa sendiri dirumah atau bawa mobil kesayangan ke bengkel understeel.

Biaya pengecekan kurang lebih 50 ribu sampai 100 ribu rupiah saja. Agar tidak terjadi kerusakan yang berulang baik pada bagian kaki kaki mobil / understeel dan juga kerusakan ban, maka anda sebaiknya selalu rajin dan rutin melakukan spooring dan balancing serta mengecek understeel, jika terdapat kerusakan langsung lakukan perbaikan agar kerusakannya tidak menjalar kemana mana.

Baca juga : Inilah manfaat melakukan spooring balancing mobil secara rutin

Nah mungkin sekian dari kami mengenai penyebab ban makan tidak rata alias aus bergelombang, semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: