Bahaya Menambal Ban Yang Bocor Di Bagian Samping

Advertisement
Bahaya menambal diding ban bocor - memang kejadian bocor ban pada mobil seringkali terjadi pada hampir seluruh pemilik mobil, dan jalan pintas terbaik yang terbesit dipikiran mereka adalah melakukan penambalan agar ban tersebut tidak lagi bocor dan bisa digunakan kembali. Untuk lokasi ban yang bocor pun bervariasi bisa di bagian telapak ban dan bahkan ada juga kebocoran ban yang ada pada bagian samping atau dinding ban.

Bila bocor tadi berada pada sekitaran telapak ban, kemungkinan ditambal kembali masih bisa dengan menggunakan penambal ban model cacing ataupun model tip top, namun untuk kebocoran yang berada pada bagian dinding samping ban ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan penambalan dan sebaiknya diganti dengan menggunakan ban baru, atau setidaknya menggunakan ban dalam untuk menghindari kemungkinan kecelakaan akibat pecah ban.

Bahaya Menambal Ban Yang Bocor Di Bagian Samping

Baca juga : Kerugian memakai cairan penambal otomatis yang perlu diketahui

Hingga saat ini banyak sekali bermunculan penambal ban yang menawarkan jasa tambal kebocoran yang ada di dinding ban dengan jalan membongkar ban, kemudian mengerik bagian sekitar ban yang bocor dan merekatkan karet dan lem khusus, walaupun prosesnya cukup 30 menit selesai, jika dilihat dari sisi keamanannya sangatlah belum jelas.

Yang perlu anda tahu adalah bagian yang ada pada dinding ban ini adalah bagian yang mendapatkan tekanan paling besar dari udara yang ada didalam ban dibandingkan bagian telapak, sehingga kontruksi dinding ban ini dibuat berbeda. Dan bila ada salah satu bagiannya robek atau rusak kemudian ditambal akan beresiko terjadi pecah ban dijalanan.

Bila kalian memang terpaksa untuk menambal ban yang bocor di bagian dindingnya ini alangkah baiknya HANYA menambal ban yang bocor halus karena sebenarnya tambal ban model Tip Top ini aman digunakan untuk kebocoran dibagian dinding karena paku kecil, bukan bocor karena robek apalagi robek yang memanjang. kemudian lakukan rotasi ban yang bocor pada bagian dinding ini untuk ban serep saja yang dipakai ketika keadaan darudat.

Baca juga : Penambal ban khusus samping Tip Top apakah aman ?

Nah bagi yang pernah mengalami ban bocor samping sebaiknya anda pertimbangkan untuk melakukan penambalan, bila memang bisa ya boleh saja ditambal, namun bila meragukan sebaiknya silahkan diganti dengan ban yang baru agar berkendara menjadi aman dan nyaman tanpa kuatir ban akan pecah dijalan.


Subscribe to receive free email updates: