Home » , » Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi USD UpSide Down

Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi USD UpSide Down

Advertisement
Kekurangan serta kelebihan suspensi Upside Down motor - Semakin majunya era teknologi otomotif membuat semua produsen otomotif khususnya roda dua melakukan banyak perubahan yang ditujukan tidak lain dan tidak bukan hanyalah semata mata untuk memanjakan para penggunanya yang salah satunya adalah komponen peredam kejut atau suspensi ( shockbreaker ).

Jika pada model kendaraan yang masih jadul menggunakan suspensi jenis teleskopik konvensional, maka pada kendaraan yang baru baru ini diproduksi sudah mulai menggunakan suspensi Uside Down, dan tahukah anda bahwa jenis suspensi USD ini biasanya dipasang pada motor yang memiliki performa tinggi serta mampu melesat dengan kecepatan tinggi tanpa terganggu oleh getaran setir seperti halnya motor GP.

Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi USD UpSide Down


Jika kalian melihat motor besutan YAMAHA yang saat ini telah menggunakan suspensi model baru USD adalah YAMAHA XABRE 150, yang telah mengaplikasikan suspensi berciri khusus memiliki tabung pipa lebih besar pada bagian atasnya, namun lebih kecil pada bagian ujung bawah yang sekilas seperti suspensi terbalik.

Baca juga : Anda seorang biker ? Ketahui perlengkapan wajib biker disini

Sedikit unik bin aneh memang jika kalian baru melihat suspensi yang seperti ini, mengingat jenis suspensi USD ini masih belum begitu dikenal oleh masyarakat ditanah air. Dan tentu saja yang namanya suspensi model baru tentunya memiliki lebih banyak keunggulan bila dibandingkan dengan model suspensi konvensional sebelumnya, khususnya dalam hal kestabilan berkendara pada kecepatan tinggi sehingga suspensi ini sangat cocok digunakan pada kendaraan yang biasa di geber gas poll dan suka balap, termasuk bagi kalian yang suka touring tentunya.

#Kelebihan suspensi USD


1. Memberikan kesan gagah dan keren

Desain dan warna dari suspensi jenis ini biasanya berwarna emas dan juga memiliki bentuk yang besar pada bagian atas, namun kecil pada bagian bawahnya sehingga dari tampilannya tersebut membuat motor yang dipasangi suspensi ini terlihat gagah, kekar dan terlihat macho.

2. Peredaman getaran yang lebih baik

Karena desainnya seperti suspensi teleskopik lama yang dibalik, sehingga posisi tabung gas berada pada bagian atas ini mampu memberikan daya peredaman yang sangat bagus, bahkan di jalanan yang rusak sekalipun suspensi ini mampu meredam getaran yang ada sehingga suspensi ini layak diberi acungan jempol.

3. Memberikan kestabilan di kecepatan tinggi

Karena suspensi USD ini didesain dan diperuntukkan pada kendaraan bermotor roda dua yang suka melaju pada kecepatan tinggi, tentu saja suspensi ini mampu memberikan jawaban akan kestabilan berkendara dalam kecepatan motor yang melaju sangat tinggi.

Baca juga : Spesifikasi lengkap Yamaha MT 09


Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi USD UpSide Down


#Kekurangan Suspensi USD

Selain memiliki kelebihan tentunya sebuah produk pun tidak luput dari yang namanya kekurangan, dan beberapa kekurangan untuk suspensi USD ini sebenarnya tidaklah terlalu menurut saya, dan beberapa kekurangan suspensi jenis USD ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Harga yang terlalu mahal

Untuk memiliki suspensi ini anda harus merogoh kocek setidaknya yang termurah ( versi yamaha xabre ) saja sekitar 5 juta an, bahkan sampai berpuluh juta tergantung model, merk dan kualitasnya. Namun hal ini tidak menjadikan suatu masalah sebab yang namanya kepingin dan niat untuk membelinya, pastinya kalian akan mengusahakan punya uang seharga itu bukan ?

2. Hanya motor jenis tertentu yang bisa dipasang

Untuk jenis motornya pun tidak semua motor bisa dipasangi suspensi jenis upside down ini, hanya motor jenis tertentu seperti motor jenis nak3d motor yang bisa dipasang suspensi jenis ini, itupun kita harus melakukan penggantian beberapa komponen lain seperti mengganti AS roda dan lain sebagainya.

3. Suspensi USD rawan bocor

Karena beban yang diterima oleh suspensi ini dalam melibas jalanan sangatlah berat sudah tentu membuat suspensi ini sering mengalami kebocoran pada merk yang biasa dan berkualitas murahan, namun tetap kokoh untuk suspensi USD bermerk baik dan berkualitas bagus, harga menentukan kualitas bos. Dan ada beberapa mitos yang menyebutkan suspensi jenis ini rawan sekali bengkok sepertinya tidak ada bukti yang menunjukkan hal ini kecuali memang motor e njenengan ditabrak ( terjadi kecelakaan ) pasti semua suspensi akan bengkok.

Baca juga : Bagus aki kering atau aki basah sih ? Baca artikelnya disini

Selain diaplikasikan ke motor versi nak3d, suspensi jenis USD ini diluar sana sering diaplikasikan untuk kendaraan MOGE dan beberapa pabrikan terkenal seperti BWM pun mengaplikasikan suspensi ini pada beberapa unit motor mereka. Terkait kontroversi penggunaan suspensi ini di indonesia yang mengatakan bahwa masih kurang cocok sebab jalanan di indonesia masih banyak yang bergelombang sepertinya dikembalikan lagi ke masing masing peminat atau pecinta otomotif roda dua apakah mau memasang ataukah tidak.


Advertisement

Advertisement