Kenapa Knalpot Motor Disebelah kanan ? Berikut Penjelasannya

Advertisement
Alasan knalpot motor ada disebelah kanan - seringkali kita mendapatkan pertanyaan pertanyaan unik seputar motor kita dan salah satunya adalah pertanyaan yang membuat penasaran bagi sebagian orang yakni mengapa knalpot motor letaknya disebelah kanan, bukannya di sebelah kiri ?

Memang sedikit mengelitik dan penuh tanda tanya bukan mengapa knalpot motor letaknya ada di sebelah kanan ? dahulu saya pun juga penasaran mengapa hal sepele ini malah membuat kita bingung akan jawaban yang benar. Nah untuk mengetahui jawaban tersebut mari kita simak beberapa fakta yang ada dibawah ini :

kawasaki ninja ZX 10R
kawasaki ninja ZX 10R by : en.wikipedia.org


Pengguna motor naik dari sebelah kiri

Jika anda mau memperhatikan lebih jeli memang banyak sekali para pengguna motor yang ketika hendak menaikinya selalu melalui sebelah kiri dan bukannya dari sebelah kanan. Begitupun para boncengers dimana ketika mereka hendak naik ke kuda besi ini juga selalu naik dari sisi sebelah kiri motor termasuk para ibu ibu yang ketika dibonceng miring, maka menghadapnya selalu ke sisi kiri bukannya menghadap ke arah sisi kanan.

Nah karena kebiasaan para pengguna kendaraan bermotor selalu dari sisi kiri ketika akan menaiki si kuda besinya, maka posisi knalpot pun ditetapkan berada pada sisi kanan sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk safety atau keselamatan bagi para penggunanya agar ketika hendak naik maupun turun tidak terkena kenalpot betis kaki mereka.

Coba saja bayangkan jika knalpot motor berada di sebelah kiri, kemudian ada seorang ibu ibu yang dibonceng juga menghadap kekiri, pasti si ibu ibu ini kakinya pada bengkak dan gosong karena keseringan tidak sengaja menyentuh knalpot  :).

Baca juga : Idle arm isuzu panther bunyi, begini cara memperbaikinya

Nah bagaimana apakah anda sudah paham kenapa letak knalpot motor adanya disebelah kanan, bukannya berada di sebelah kiri ?. Semoga artikel konyol ini juga dapat memberikan manfaat buat anda, jangan lupa di share .


Subscribe to receive free email updates: