Ban Aus Bagus Ditaruh Depan Atau Belakang ?

Advertisement
Pemilihan ban mobil - memang salah satu penyumbang angka kecelakaan tertinggi selain faktor human error juga disebabkan karena kondisi ban mobil yang sudah aus dan waktunya diganti, namun oleh pemiliknya tetap dipertahankan dengan berbagai alasan, misalnya masih bisa dipakai beberapa kilometer lagi, atau sekalian menunggu gajian keluar dan lain sebagainya.

Padahal kondisi ban yang sudah aus ini sangat tidak dianjurkan untuk dipergunakan pada kendaraan khususnya mobil, sebab kondisi ban yang demikian sangat rentan menimbulkan kecelakaan di jalan raya terutama ketika kondisi jalanan yang basah ( kondisi hujan ).

ban aus


Beberapa orang yang memiliki mobil dengan kodisi ban sudah aus pun masih memilih mengganti dua buah ban saja, sedangkan ban lainnya diganti dikemudian hari serta bertanya ban yang sudah aus tersebut diletakkan dibagian mana ya ? di bagian depan ataukah di bagian belakang ?.

Baca juga : Fungsi lubang pada rem cakram motor

Bahaya Menggunakan Ban Yang Aus


Untuk penempatan ban yang sudah memiliki tingkat keausan diatas normal tidak cocok ditempatkan dibagian manapun, baik depan maupun belakang sangat tidak disarankan dan lebih baik untuk segera dilakukan penggantian. Karena pada masing masing posisi ini juga memiliki bahaya tersendiri jika tetap ngotot menggunakan ban yang sudah aus.

Pada posisi bagian depan bila dipasang ban dengan kondisi aus dapat menyebabkan pengendalian kemudi menjadi tidak stabil dan mudah slip terutama pada saat musim penghujan. Sedangkan bila ban yang telah aus dipasang pada bagian belakang dapat membuat kendaraan lebih boros bahan bakar, sebab ban yang seharusnya mencengkeram aspal menjadi tidak bisa mencengkeram dengan baik, ketika digas akan tergelincir atau terputar ditempat sejenak karena traksi antara ban ke aspal tidak maksimal.

Baca juga : Ingin beli mobil bekas ? jangan sampai tertipu oleh hal ini

Nah itulah alasan alasan kenapa ban yang sudah dalam kondisi aus sebaiknya tidak digunakan dan lebih bagus jika diganti dengan ban yang baru.


Subscribe to receive free email updates: