Untung Mana Beli Mobil Cash Atau Kredit ?

Advertisement
Beli mobil kredit atau cash - semakin bergesernya tingkat gaya hidup di perkotaan membuat semua orang pun berlomba lomba untuk segera membeli kendaraan roda empat yang di impikannya. Belum lagi para dealer mobil saat ini gencar melakukan promosi penjualan yang berupa kredit murah, tentu saja hal ini akan menarik minat para calon konsumen untuk membeli mobil secara kredit.

Dan rata rata memang para pembeli mobil melakukan pembayaran secara kredit karena cara ini dianggap cara paling baik dan mudah dalam memiliki kendaraan roda empat. Banyaknya para konsumen yang membeli kendaraan secara kredit ini tak lain karena memang prosesnya yang saat ini dipermudah, selain itu karena faktor minimnya dana yang mereka miliki dan juga karena banyaknya kebutuhan lain lain yang harus di tanggung.

honda mobilio
source picture :mobil.mitula.co.id


Padalah bila dibandingkan antara membeli mobil secara tunai / cash dengan pembelian mobil secara kredit, pilihan yang paling baik sebenarnya adalah membeli mobil secara cash saja. karena dengan membeli mobil secara kredit anda mendapatkan keuntungan plus kerugiannya sekalian, dan dibawah ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian membeli mobil secara kredit yang dapat anda ketahui.

Keuntungan membeli mobil secara kredit


  1. Keuntungan psikologis, yakni kita akan lebih terasa ringan ketika membeli mobil secara kredit karena tidak mengeluarkan uang yang langsung banyak ratusan juta rupiah.
  2. Bisa langsung membawa unit mobil yang masih di kredit sehingga kita dapat memiliki mobil tersebut dan memajangnya di garasi rumah cukup dengan membayar DP yang rendah.
  3. Dapat dengan cepat membeli / memiliki mobil impian tanpa harus mengumpulkan uang cash terlebih dahulu.
  4. Dapat mengatur dan mengalokasikan pengeluaran rutin bulanan yang ada.
  5. Kita bisa membeli sesuatu yang lain yang sifatnya mendesak tanpa harus kuatir tidak memiliki uang karena dipake membeli mobil secara cash.


Kerugian membeli mobil secara kredit


  1. Konsumen harus menanggung cicilan kendaraan beserta bunga nya setiap bulannya sampai cicilan tersebut lunas, dan bila menunggak kita pun harus siap siap terkena denda pinalty yang besarnya pun bisa dibilang lumayan.
  2. Membeli secara kredit ini ternyata harganya jauh lebih mahal ketimbang membeli secara cash, hal ini bisa dilihat dari harga pembelian secara cash mobil tersebut dibandingkan kalkulasi DP, cicilan, bunga, denda tunggakan dll bila membeli mobil secara kredit.
  3. Jika kita tidak sanggup melunasi cicilan maka kendaraan kitapun akan diberikan 2 pilihan, mobil akan ditarik oleh dealer dan dijual kembali, jika ada harga lebih uang tersebut akan dikembalikan ke anda atau anda yang menjual mobil kreditan tersebut lalu melunasi total kekurangan cicilan beserta bunganya kepada dealer.
  4. Meningkatnya biaya pengeluaran bulanan yang harus ditanggung untuk biaya bunga cicilan.
  5. Membeli secara kredit berarti anda secara tidak langsung akan berhutang kepada penjual atau dealer mobil yang kalian beli.

Bila anda memutuskan untuk membeli mobil bekas atau second yang mungkin akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau kantong silahkan baca artikel mengenai Tips jitu sebelum membeli mobil second.

Baca juga : Bahaya mengemudi mobil sambil mainan smartphone

Nah bagaimana, jika kalian berniat untuk membeli mobil alangkah baiknya anda membelinya secara cash atau tunai karena justru membeli secara kredit akan lebih membebani dan memberatkan anda di kemudian hari. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: