Fungsi Shock Absorber Pada Kendaraan

Advertisement
Suspension system - salah satu komponen atau part yang ada dalam susunan sistem suspensi kendaraan adalah shock absorber. Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting didalam rangkaian sistem suspensi.

shock absorber

Karena tanpa sebuah shock absorber kendaraan yang kita kendarai akan terasa tidak enak, bunyi berisik seperti glodak glodak dan juga hentakan yang kita rasakan ketika kita sedang melewati jalanan yang jelek dan berlubang lubang terasa sangat besar dan mengganggu bahkan bisa bisa kendaraan tersebut bisa terlempar.


Fungsi shock absorber
Shock absorber ialah salah satu komponen mekanik yang didesain dan dibuat untuk memperhalus atau meredam getaran yang ditimbulkan dari getaran kinetik dari per daun maupun per koil / keong. Komponen ini biasanya berbentuk seperti tabung terpisah yang didalamnya berisi udara serta cairan minyak yang nantinya getaran getaran dari pegas koil atau pegas daun tadi akan dilepas dan diubah kedalam energi panas didalam cairan minyak. Dan didalam silinder udara, udara yang panas selalu dilepaskan ke atmosfir / keluar.

Baca juga : Suspension sistem, komponen dan fungsinya

Karena komponen ini sangat penting sekali fungsinya yakni harus menyerap dan menghilangkan energi maka desainnya pun harus dipertimbangkan.


Subscribe to receive free email updates: