Home » » Perlukah Melakukan OH Bearing Roda Mobil ?

Perlukah Melakukan OH Bearing Roda Mobil ?

Advertisement
Perawatan bearing roda - salah satu komponen otomotif yang memiliki fungsi sebagai pengurang gaya gesek pada beberapa komponen bergerak ialah bearing. Beberapa bearing ini pun letaknya dimana mana dan memiliki fungsinya masing masing misalnya saja bearing yang terdapat pada roda kendaraan, bearing yang terdapat didalam komponen alternator, bearing yang terdapat didalam transmisi ( pilot bearing ) dan lain sebagainya.

Komponen bearing ini memiliki bentuk yang bermacam macam yang disesuaikan dengan fungsi serta kegunaannya. Dan khusus pada artikel kali ini kita akan membahas betapa pentingnya merawat bearing roda agar selain menekan biaya pengeluaran akibat rusaknya komponen ini juga kenyamanan dalam berkendara.

tapered roller bearing


Dan pertanyaan selanjutnya adalah apakah perlu melakukan OH bearing ?

Jawabannya adalah iya, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan OH bearing. tentu saja anda harus tahu bearing model mana yang bisa dilakukan OH dan mana yang tidak. Biasanya yang sering dilakukan OH bearing adalah yang berjenis taper roller bearing.

Mobil apa saja yang menggunakan bearing jenis taper bearing yang sebaiknya rutin dilakukan OH ?

Banyak sekali kendaraan yang menggunakan bearing type ini, beberapa diantaranya adalah mobil kijang, panther, isuzu MU-X, mobil truk dan mobil angkutan berat lainnya.

Meliputi apa saja pengerjaan OH bearing itu ?

Pengerjaan OH bearing ini meliputi pembersihan komponen bearing serta dudukannya dari GREASE lama hingga bersih kemudian menggantinya dengan yang baru. Kenapa harus diganti ? sebab grease lama tersebut sudah kehilangan kemampuannya dalam hal melumasi dan pendinginan serta terdapatnya endapan atau gram besi bahkan pasir yang jika tidak segera dilakukan penggantian akan dapat berakibat rusaknya komponen tersebut.


Kapan sebaiknya dilakukan OH bearing ?

Untuk masalah waktu yang tepat melakukan OH bearing paling tidak adalah setiap servis kelipatan 20.000km, atau bila terjadi keluhan seperti bunyi gemuruh, grease yang telah berubah menjadi hitam.


Apa yang terjadi jika tidak dilakukan OH bearing ?

Beberapa hal yang bisa terjadi jika anda malas melakukan perawatan bearing diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Rusaknya komponen bearing roda akibat masuknya kotoran, debu dan lain lain.
  • Longgarnya kekencangan bearing roda yang jika dibiarkan akan menimbulkan bunyi gemuruh dan bahkan roda bisa terlepas dari dudukannya.
  • Berkendara menjadi kurang nyaman dan was was.



Baca juga : Cara merawat bearing roda yang baik dan benar

Nah maka dari itu selalu rajinlah merawat semua bagian kendaraan tanpa terkecuali. Dengan anda rajin melakukan perawatan maka kemungkinan kerusakan akan berkurang sehingga dapat membuat irit pengeluaran dan juga lebih aman dan nyaman dalam hal berkendara.


Advertisement