Pantangan Yang Harus Dihindari Ketika Cuci Motor

Advertisement
Pantangan mencuci motor - membersihkan kendaraan bermotor memang sesuatu hal yang sudah menjadi kewajiban bagi kita para pemilik kendaraan bermotor, sebab dengan kita rajin mencuci kendaraan tentu akan membuatnya menjadi lebih terawat, awet dan membuat tampilannya selalu terlihat seperti baru.

Namun mencuci motor tidak boleh dilakukan secara asal walaupun kelihatannya sangat sepele, dan ada beberapa pantangan yang sebaiknya anda hindari ketika mencuci kendaraan bermotor yang diantaranya adalah sebagai berikut :

cuci motor sport
fokus ke motornya ya gan


Mencuci tanpa persiapan yang baik

pastikan anda tidak gegabah dengan yang namanya persiapan dalam mencuci kendaraan, sebab bila kalian mengabaikan hal ini tentu saja proses mencuci menjadi lebih lama dan salah salah malah akan membuat kendaraan menjadi semakin terihat buruk. Beberapa peralatan standard yang harus kalian persiapkan diantaranya yakni air bersih, 2 buah ember air, sabun khusus cuci motor, kain / spon cuci, kain lap, kit atau pengkilap body ( opsional ) dan juga lap pengering atau kanebo.


Hindari mencuci motor ketika mesin dalam keadaan panas

Memang hal ini menjadikan kontroversial, sebagian orang melarang dan sebagian lagi memperbolehkan namun yang jelas sebaiknya memang hindari mencuci kendaraan ketika mesin dalam keadaan panas sebab jika kalian sering melakukan yang demikian otomatis kekuatan dari blok mesin akan menjadi lebih rapuh.

Basahi terlebih dahulu

Sebelum mencuci kendaraan hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membersihkan body kendaraan menggunakan air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk merontokkan pasir atau debu yang menempel pada body kendaraan. Jika kalian langsung saja menggosokkan spon cuci tentu pasir yang menempel di body motor akan ikut kalian gosok dan hasilnya cat tunggangan anda menjadi tergores.


Perhatikan bagian yang sensitif pada kendaraan

Mencuci kendaraan bermotor roda dua umumnya adalah mencuci secara total, namun anda juga harus memperhatikan beberapa bagian yang sensitif misalkan saja lubang filter udara, atau komponen kelistrikan yang jika kemasukan air dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Bedakan spon / kain cuci body dan rantai

Pada umumnya mencuci kendaraan bermotor roda dua juga mencuci pada bagian seperti rantai yang terdapat oli pelumasan rantai. Oleh sebab itu sebaiknya anda membedakan kain untuk mencuci bagian rantai dengan bagian body kendaraan lainnya.

Cucilah bagian rantai terlebih dahulu

SOP atau standard operasional prosedur dalam mencuci motor adalah mencuci bagian rantai terlebih dahulu kemudian baru mencuci bagian lainnya. Tentu saja penggunaan spons cuci atau kain cuci harus kalian bedakan.

Gunakan lap pengering yang lembut dan tidak abrasif

Selesai mencuci kendaraan langkah yang mesti kita lakukan ialah mengeringkan motor menggunakan lap, pastikan lap yang digunakan berbahan lembut dan tidak abrasif atau mengikis misalkan saja seperti kain handuk . Setelah proses mengeringkan dengan handuk selesai anda bisa mengoleskan kit atau pengkilap body kendaraan dan selanjutnya mengelapnya dengan menggunakan kanebo.


Baca juga : Cara ampuh membersihkan jamur kaca mobil

Nah itulah tadi tips mencuci kendaraan yang baik dan benar dan pastikan anda hindari pantangan dalam mencuci motor diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: