Kapan Pentil roda Harus Diganti ?

Advertisement
Mengganti pentil tubeless ban - salah satu hal yang sangat perlu untuk diperhatikan selain kondisi ban kapan sebaiknya harus diganti salah satunya adalah pentil ban, sebab komponen ini adalah salah satu komponen yang paling penting yang ada pada roda kendaraan.

Sering kali orang mengabaikan hal sepele yang bisa berakibat fatal yang salah satunya mengabaikan pentil roda ini. Mungkin karena mereka terlalu sibuk dengan ban sehingga tidak memperhatikan komponen ini yang harganya paling hanya 10.000 rupiah saja.


valve tubeless karet


Beberapa masalah yang timbul akibat lupa mengganti pentil roda tubeless ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Ban kempis tiba tiba

Pentil roda tubeless yang telah usang bisa saja tercabut dari posisinya, sehingga angin didalam ban langsung saja menyembur keluar. Akibat kempes mendadak pada salah satu roda ini dapat mengakibatkan mobil hilang kendali dan berakibat pada kecelakaan.

2.Rusaknya ban

Karena lepasnya pentil roda ini juga bisa mengakibatkan ban menjadi rusak sebab ban terkikis oleh dinding velg ketika mobil sedang melaju. Kondisi ban yang terkikis ini tentu dinding dindingnya menjadi tipis dan rapuh. Bila diabaikan dikhawatirkan akan meledak dijalanan akibat tidak mampunya dinding ban menahan tekanan udara didalamnya.

3.Rusaknya velg mobil

Yang ketiga adalah rusaknya velg mobil yang diakibatkan dari kejadian lepasnya pentil roda ini. Velg akan langsung bersentuhan dengan aspal jalanan serta bebatuan dan berakibat velg menjadi penyok.

Maka dari itu sebaiknya anda harus selalu memperhatikan hal kecil seperti ini. Adapun kapan waktunya mengganti pentil roda ialah sebagai berikut.


  • Pentil roda sudah rapuh, ditandai adanya retak retak kecil atau pori pori
  • Pentil roda terdapat robekan
  • Pentil roda sudah usang, kaku dan tidak layak pakai


Untuk menjaga keamanan sebaiknya setiap kali menemukan kriteria diatas atau ketika melakukan penggantian ban maka lakukan juga penggantian pentil roda.

Baca juga : Inilah mobil paling laris didunia

Ingat hal sekecil apapun bila diremehkan akan berakibat fatal dan berakibat buruk bukan hanya bagi anda saja, tetapi kepada seluruh pengguna jalan serta orang disekelilingmu. Semoga bermanfaat dan mohon dibagikan ke siapapun informasi mengenai pentingnya mengganti pentil roda ini.


Subscribe to receive free email updates: