Inilah Fungsi Utama Oli Mesin Yang Tidak Semua Orang Tahu

Advertisement
Oli mesin adalah salah satu cairan fluida yang sangat erat kaitannya dengan mesin kendaraan terutama mobil. Tanpa cairan yang satu ini bisa dijamin kerusakan mesin bisa dihitung dalam hitungan detik saja.

Namun bagi sebagian orang masih belum mengetahui apa sajakah fungsi dari oli mesin yang setiap beberapa kilometer jarak tempuh harus kita ganti ini,yang mereka tahu hanyalah sebagai pelumas saja padahal ada fungsi fungsi lain selain sebagai pelumas mesin. Dan berikut adalah beberapa fungsi oli mesin yang belum diketahui banyak orang.

fungsi oli mesin mobil
via ultralube.com.au

Fungsi Oli Pada Mesin


1.Fungsi oli sebagai pelumasan / lubricating

Oli memiliki fungsi sebagai pelumas dimana menjaga gesekan antar komponen didalam mesin menjadi lebih kecil sehingga kinerja didalam mesin itu sendiri menjadi lancar, mengurangi bunyi bunyian metal sehingga kerusakan part pada mesin ini dapat diminimalisir.

2.Fungsi oli sebagai pendingin mesin

Mesin yang berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi tersebut tentu menghasilkan panas yang luar biasa akibat besarnya gaya gesek antar besi didalam mesin tersebut. Dan dengan oli mesin ini panas pun dapat dinetralisir sehingga tidak terjadi overheating pada mesin kendaraan.

3.Fungsi oli sebagai penyekat

Didalam sebuah mesin yang bekerja tentu ada bagian bagian metal yang saling bersinggungan bukan? nah dengan adanya oli ini dapat menjadi penyekat diantara dua logam tadi sehingga meminimalkan gesekan antar keduanya sehingga komponen tersebut tidak cepat aus / terkikis .

4.Fungsi oli sebagai anti karat

Tahukah anda ketika proses terjadinya gesekan pada part part didalam mesin menimbulkan panas dan dari reaksi kimia terjadilah yang namanya karat. Sebagai contoh kecil coba anda bakar besi pisau baja lalu dibiarkan, maka dalam beberapa menit pisau tersebut akan berkarat. Nah dengan adanya oli mesin ini karat yang timbul akibat proses pergesekan antar besi ini dapat dihindari.

5.Fungsi oli sebagai pembersih ruang mesin

Ketika mesin bekerja dan berputar tadi tentu akan menghasilkan gram gram besi yang nantinya akan di reduksi oleh oli mesin dan diendapkan kedalam bak penampung oli, dan didalam bak penampung oli tersebut terdapat sebuah magnet yang berfungsi untuk menahan gram besi agar tidak naik kembali ketika oli dipompa naik.

Baca juga : Penyebab mobil susah starter di atas rel kereta api

Nah itulah tadi beberapa fungsi dari oli mesin yang banyak sekali orang belum mengerti. Semoga artikel pendek ini dapat memberikan pemahaman mengenai oli mesin dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: