Bijaklah Menggunakan Penggerak 4WD agar tidak cepat rusak

Advertisement
4WD - Mobil dengan sistem penggerak 4WD memang sangatlah bagus digunakan di daerah perbukitan dengan kondisi jalanan yang tidak memungkinkan untuk dilalui oleh mobil dengan sistem penggerak lain.

Namun dalam kenyataannya banyak orang yang memiliki mobil 4WD ini secara tidak sadar tetap menggunakan sistem penggerak ke empat rodanya ketika berkendara didalam perkotaan. Banyak sekali kerugian yang diakibatkan kesalahan pemakaian sistem penggerak yang tidak pada tempatnya karena seperti anda tahu, didalam kota cukup menggunakan sistem penggerak belakang saja.

isuzu d - max
ISUZU D - MAX


Banyak sekali kerugian yang ditimbulkan dari penggunaan penggerak 4 roda di medan yang tidak seharusnya antara lain adalah sebagai berikut.

1.Boros bahan bahar

Menggunakan penggerak 4 roda didalam perkotaan akan menyebabkan borosnya bahan bakar, karena putaran mesin akan memiliki beban yang berat akibat penggunaan ini ( energi yang dibutuhkan lebih besar ).

2.Poros penggerak lebih cepat rusak

Untuk mobil dengan penggerak 4WD ini memiliki desain berbeda dengan mobil sedan yang juga menggunakan penggerak depan. Pada mobil jenis 4WD ini penggerak depannya memiliki sudut putar kemudi yang lebih sedikit dibandingkan mobil sedan, sehingga bila dipaksakan dipakai terus menerus di jalanan kota dengan tikungan tajam serta kecepatan tinggi dapat membuat as penggerak rompal. Lihat gambar di bawah.

penggerak depan rusak
penggerak roda depan rusak / pecah


Baca juga : Perhatikan hal ini sebelum mengganti velg mobil agar aman

Nah maka dari itu bijaklah dalam menggunakan penggerak roda jenis ini, pergunakan penggerak 4 roda pada saat dibutuhkan saja seperti misalnya melewati jalanan yang jelek, berlubang besar layaknya jalanan off road.


Subscribe to receive free email updates: