Cairan Penambal Otomatis,Banyak Kerugiannya Ketimbang Manfaatnya

Advertisement
Cairan anti bocor - seiring ngetrennya pemakaian ban dengan type tubeless ini,naik daun juga sesuatu yang disebut dengan cairan anti bocor,cairan penambal otomatis dan sebutan sejenisnya. Dan tidak sedikit orang yang belum mengetahui efek negatif penggunaan cairan yang satu ini.

Alih alih ingin mencari kemudahan bilamana terjadi kebocoran pada ban dan tidak mau repot pergi ke tukang tambal ban,banyak sekali para biker yang menggunakan cairan penambal ban ini tanpa memperhatikan efek samping penggunaanya,dan dibawah ini adalah beberapa efek negatif dari mengunakan cairan penambal ban otomatis alias cairan anti bocor ini.

cairan penambal ban
ilustrasi orang sedang memakai cairan penambal , foto via merdeka.com

1.Membuang buang uang

Mengeluarkan biaya tambahan yang sia sia,harga cairan ini sendiri per botol dijual antara Rp 25.000 hingga Rp 60.000. Jadi bila kalian mengaplikasikan cairan ini pada kedua ban motor,maka membutuhkan biaya paling tidak antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Padahal penggunaan cairan ini hanya untuk ban tubeless,padahal ban jenis ini walau tertancap paku,ban tidak akan kempis selama paku tersebut tidak dicabut.

2.Merusak velg motor / berkarat

Percaya atau tidak,cairan ini dapat menyebabkan velg menjadi berkarat ( walau katanya tidak menimbulkan karat ). Velg yang telah berkarat lambat laun akan mengalami keropos,dan sudah bisa ditebak anda tidak bisa lagi menggunakan ban tubeless,atau anda harus menambal keropos tersebut dengan las giral.

karat akibat cairan penambal
velg motor berkarat via kaskus.co.id

Catatan : hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh merk pembuat cairan penambal otomatis,agar tidak salah pilih bila memang kalian berminat untuk membeli,tanyakan dan mintalah rekomendasi kepada teman yang pernah memakai,merk mana yang bagus dan mana yang tidak.

3.Ban menjadi kurang stabil

Pernahkah anda mendengar istilah balancing roda? balancing roda ini tidak hanya dilakukan pada roda mobil karena kenyataannya motor sport / moge sekelas ninja menggunakan balancing roda yang fungsinya menstabilkan putaran ban. Nah,karena menggunakan cairan ini,tentu kstabilan putaran ban akan berubah ubah sebab adanya cairan yang bergerak bebas didalam ban.


Subscribe to receive free email updates: