Tips Agar Motor Matik Irit Bahan Bakar

Advertisement
Tips agar motor matik irit bahan bakar - salah satu dilema para pemilik kendaraan motor matic adalah borosnya konsumsi bahan bakar. Bagaimana tidak,karena motor matik berbeda dengan motor non matik yang cara mengoperasikannya menggunakan gear,didalam motor matik ini berbeda,Walaupun motor matic saat ini telah menggunakan tehnologi fuel injection namun tetap saja boros.

Banyak orang yang tetap memilih motor matik ini karena cara merawatnya yang mudah ( walaupun boros bahan bakar ),apalagi bagi yang telah berkeluarga sangat cocok digunakan untuk bepergian serta dapat mengangkut barang bawaan lebih banyak ketimbang menggunakan motor non-matik.

matik hemat bbm


Untuk  mensiasati agar motor matik tidak boros bahan bakar dapat melakukan hal hal berikut :

Memanasi mesin terlebih dahulu.

Memanasi motor matik ini hukumnya terbilang wajib bagi kalian para pengguna maticmania seindonesia,dan usahakan ketika memanasi mesin pergunakanlah kickstarter guna menghindari Aki Tekor. Cukup panasi mesin kira kira 3 hingga 5 menit dan motor siap untuk di ajak berkeliling kota,memanasi mesin matik ini bertujuan agar mesin tidak terkejut bila suatu saat digunakan secara tiba tiba ( mendadak harus menarik gas dalam dalam ),sehingga bensin lebih hemat.

Jangan membawa beban berlebihan.

Ingat point diatas tadi bahwa motor matik ini berbeda dengan motor manual yang menggunakan gear banding bilamana beban tidak sebanding dengan putaran mesin bisa dikurangi ( memindah gigi tinggi ke rendah ) terlebih di medan menanjak. Bila kita memaksakan membawa beban yang sangat berlebihan menggunakan motor matik tentu akan membuat boros motor jenis ini. Penulis pernah mengalami kejadian buruk ketika meminjam motor matic teman,waktu itu penulis membawa beban yang banyak dan terkena macet di jalan menanjak,alhasil motor gak kuat nanjak dan drive belt pun terbakar.

Tariklah Gas secara perlahan.

Jangan pernah sekali kali menarik gas motor matik langsung full,tarik saja perlahan lahan mengikuti temponya dari pelan hingga kecepatan tinggi. Bila ngeyel membetot gas ( bleyer ) secara ngawur akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Ingat motor matik bukan motor yang pas dipakai kebut kebutan dijalan raya.

Gunakan bahan bakar dengan oktan yang konsisten.

Dipasaran bahan bakar memiliki nilai ontan sebesar 88,92 dan 95,sebaiknya gunakan bensin dengan kadar oktan yang konsisten,bila biasanya memakai bahan bakar beroktan 92 ya pakailah yang 92 seterusnya. Akibat memakai bahan bakar yang tidak konsisten membuat mesin selalu melakukan penyesuaian terhadap bahan bakar tersebut dan malah membuatnya semakin boros.


Nah itulah tadi tips bagaimana membuat motor matik anda lebih irit bahan bakar,ingat bos harga bahan bakar sekarang ini gila gilaan. :).


Subscribe to receive free email updates: