Tips Membeli Motor Bekas Berkualitas Baik

Advertisement
Jual beli motor bekas saat ini kian marak saja,bahkan di kota sekecil apapun pasti ada showroom penjualan motor bekas atau bahasa kerennya adalah motor second. Namun tidak semua motor bekas yang dijual adalah dalam kondisi baik. Bisa saja motor motor tersebut rusak,kemudian dipoles sedikit hingga tidak terlihat cacatnya dan kemudian dijual.

Anda dalam membeli motor bekas pun harus dituntut teliti dan jeli dalam memilih,jangan sampai berdasarkan rekomendasi teman,saudara atau hanya melihat kemulusan body motor langsung main ambil saja. Paling tidak anda harus melakukan pengecekan pengecekan terlebih dahulu sebelum benar benar membelinya,baik mengecek harga pasaran ataupun kondisi motor yang hendak dibeli.

jual motor bekas


Berikut akan kami bagikan tips bagaimana cara membeli motor bekas yang berkualitas baik,dan semoga anda adalah orang yang beruntung mendapatkan motor dambaan walaupun tidak dalam kondisi baru. Dan inilah tips memilih motor second berkualitas.


  1. Yang pertama adalah mengecek harga pasaran dari motor yang di inginkan. Anda bisa mengecek harga melalui koran,dealer motor,atau yang lebih praktis adalah melalui internet. Tinggal buka hp dan ketik " Harga motor yamaha mio second " ( atau kata kunci lain ) dan jebretttt,akan langsung keluar seluruh daftar harga yang di inginkan.
  2. Setelah mengetahui harga pasar,silahkan meluncur dan mencari cari di dealer motor bekas,silahkan pilih pilih jenis motor yang di inginkan. Kemudian cek nomor rangka dan nomor mesin,cocokkan dengan STNK dan BPKB kendaraan. Jangan sampai nanti yang dibeli adalah motor curian,pastinya akan membuat repot njenengan kan?.
  3. Cek kondisi fisik dari motor yang hendak dibeli,pastikan semua komponen dalam keadaan utuh seperti spion,baut baut dll.
  4. Cobalah untuk melihat speedometer,apakah motor tersebut telah menempuh jarak yang lumayan jauh ataukah tidak. Untuk catatan,motor yang telah memiliki jarak tempuh diatas 20.000km pasti akan banyak komponen yang akan diganti.
  5. Selanjutnya silahkan cek kondisi oli motor,apakah berlebih ( sengaja di isi banyak ) ataukah tidak. Karena kebanyakan motor yang memiliki suara kurang bagus ( kemungkinan ada kerusakan dibagian mesin ) akan di isi oli lebih banyak guna menyamarkan suara berisiknya.
  6. Cobalah untuk menyalakan motor,dan dengarkan apakah suara mesin masih stasioner,idle,langsam. Bila iya,tentu mesin motor dalam keadaan baik.
  7. Cek juga kondisi cassis motor,caranya adalah dengan melakukan tes drive dengan kecepatan diatas 50km/jam kemudian rem lah secara mendadak. Bila motor sulit di kendalikan atau ada sesuatu yang aneh,jangan dipilih.
  8. Yang terakhir tes fungsi kelistrikan,apakah banyak yang mengalami kerusakan ataukah tidak.
Baca juga : Perhatikan halberikut ini jika ingin membeli mobil bekas

Nah,itulah tadi beberapa point penting ketika anda akan membeli motor bekas. Menjengkelkan kan bila sudah membeli dengan harga yang sedemikian namun masih harus mengeluarkan biaya guna perbaikan lagi?.

Semoga bermanfaat..


Subscribe to receive free email updates: